Information




Rabu, 20 Agustus 2014

Jenis-Jenis Logo



Jenis-Jenis Logo

Secara umum logo dapat dibagi atas dua kategori yaitu:
1. Words Mark atau Brand Name atau Logotype. Logo yang terdiri dari rangkaian huruf yang dapat dibaca/diucapkan.
2. Device Mark atau Brand Mark atau Logogram. Logo yang tersusun dari bentuk tak terucapkan (gambar).

Bisa pula logo terdiri dari keduanya,yang merupakan kombinasi dari Brand Name dan Brand Mark.
Contoh logo Garuda Indonesia





Berikut beberapa jenis logo:

Typografis
Adalah logo yang hanya terdiri dari rangkaian huruf untuk mengvisualkan sebuah nama. Logo jenis ini memberi pesan langsung kepada konsumen. Contoh : Nokia, Acer, Lenovo.


Typografis Geometris

Yaitu logo yang terdiri dari nama perusahaan atau produk dengan gaya tipografis geometris, tersusun atas bentuk-bentuk geometris seperti oval, lingkaran atau kotak. Contoh : Ford, WiFi

Initial Letter Logo

Yaitu logo yang menggunakan huruf awal (inisial) dari nama produk atau perusahaan dan menjadikannya sebagai elemen utama dari logo tersebut. Contoh : AXN, CNN



Pictorial Name Logo

Sama halnya dengan logotype, yaitu logo yang menggunakan nama sebagai komponen penting. Secara keseluruhan logo ini memiliki karakter bentuk yang sangat kuat dan khusus seperti Coca Cola,McDonald. Karena kuatnya image perusahaan/produk yang memakai logo ini, maka bila terjadi peniruan logo tersebut oleh produk atau perusahaan lain maka citra yang dihasilkannya tetap mengarah pada produk atau perusahaan yang ditiru.


Associative Logo

Yaitu logo yang memiliki asosiasi langsung dengan nama produk atau wilayah aktifitasnya.logo perusahaan minyak Shell yang menunjukkan gambar kerang sebagai asosiasi dari fosil penghasil minyak, kemudian logo 20th Century Fox, yang menggambarkan gemerlap dan megahnya dunia perfilman dan masih banyak lagi. Jenis logo seperti ini mempunyai daya tarik kuat dan mudah untuk dipahami.

Allusive Logo

Yang dimaksud dengan allusive logo adalah logo yang bersifat kiasan, seperti logo Mercedes Benz yang terdiri dari bentuk bintang segitiga yang merupakan representasi dari sistem kemudi mobil. Logo jenis ini memiliki hubungan yang tidak langsung antara nama dengan logonya sehingga logo jenis ini sulit untuk dipahami.

Emblem
Logo jenis ini menggunakan nama perusahaan atau organisasi yang didesain dalam  sebuah elemen seperti bentuk lingkaran,kotak,segitiga,segilima dll. Contoh : Jamu Sabdo Palon dan Bir Bintang.



Abstract Logo

Yang dimaksud dengan logo jenis ini adalah logo yang dapat menimbulkan beraneka kesan, yang dipengaruhi oleh daya pemahaman konsumen,tidak ada batasan tertentu dalam menggabungkan tulisan maupun gambar. Ini terjadi karena bentuk visual logo ini sangat abstrak.


Karakter/Maskot

Segala sesuatu yang memiliki wajah atau ekspresi seperti wajah manusia, badut, burung yang tertawa, kucing yang sedang jatuh cinta, bentuk hati yang sedang berciuman, apel yang tersenyum, mobil yang bermata dan bermulut dan sebagainya.

Segala sesuatu baik benda mati, benda hidup ataupun benda abstrak lainnya yang dimanusiakan seperti pintu yang berlari, puntung rokok yang bisa berbicara, sendok yang bertangan atau berkaki, ayam yang sedang memasak, elang yang sedang mengirim surat, hantu yang sedang ketakutan dan sebagainya.








Sekian penjelasan tentang beberapa jenis logo. Meskipun singkat saya berharap artikel ini bisa mudah dicerna dengan baik oleh trustner agar bisa membedakan beberapa jenis logo.



Apakah Anda sedang mencari-cari inspirasi untuk jenis logo untuk brand produk Anda? Kami adalah Jasa Desain Logo Professional kami siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk memenuhi permintaan desain logo Anda. Terimakasih telah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat!
 


Tidak ada komentar: