Mendengar kata logo orang orang akan berpikir tentang bentuk atau simbol. Logo merupakan suatu bentuk/gambar sebagai representasi dari ideologi dengan arti tertentu yang mewakili suatu perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, lembaga/ organisasi dan hal-hal lainnya. Selain bentuk dan warna yang menarik logo harus memiliki filosopi dan kerangka dasar berupa konsep.
Logo merupakan merek
grafis atau lambang yang biasa digunakan oleh perusahaan komersial, organisasi
dan bahkan individu untuk membantu dan mempromosikan diri agar dikenal oleh
masyarakat umum. Logo dapat berbentuk grafis (simbol/ikon) atau terdiri dari
nama organisasi.
1.Nama,berkaitan dengan kata atau bunyi.
2.Simbol,berkaitan dengan bentuk visual.
3.Warna,berkaitan dengan makna fislosofis dan pengaruh psikologis juga sebagai daya tarik visual.
Logo kita temui dalam aktivitas keseharian kita,di pakaian,kendaraan,barang elektronik hingga dijalanan. Logo berperan penting dalam branding hingga corporate identity. Logo yang baik haruslah mampu ditempatkan kedalam banyak tempat,media,ukuran dan latar belakang serta haruslah memiliki kemampuan untuk dicetak secara offset printing, digital ataupun sablon pada banyak media tanpa kehilangan makna dan keindahannya meskipun dalam mode hitam putih.
Kegunaan Logo
Lalu, mengapa logo penting bagi bisnis atau
perusahaan? Atau dengan pertanyaan yang hampir sama, apa fungsi logo bagi
perusahaan Anda?
Berdasarkan beberapa referensi, saya menemukan
beberapa alasan berikut:
1. Logo merupakan representasi visual Manusia memiliki
identitas, dan salah satu cara termudah untuk membedakan saya dengan Anda
adalah wajah. Demikian juga dengan perusahaan atau bisnis, logo menjadi salah
satu tanda pengenal yang efektif sehingga mudah diidentifikasi dan
diingat oleh orang banyak. Dalam hal mudah diingat, orang cenderung mengingat
logo daripada nama perusahaan atau produknya. Hal ini juga memberikan manfaat
tambahan, sebagai merek
perusahaan logo dapat membantu meningkatkan penjualan item produk atau
portofolio baru perusahaan karena pelanggan dapat mengasosiasikan kualitas
produk yang telah dikenal masyarakat luas dengan kualitas produk baru
menggunakan logo yang sama.
2. Logo membuat Bisnis atau Produk Anda Unik Dalam
lingkungan bisnis yang begitu luas, tidak ada hal yang dapat membantu sebuah
perusahaan atau produk terlihat lebih menonjol dibanding produknya selain
dengan logo. Sebuah logo dapat menyampaikan lebih banyak dalam membedakan
produk dari para pesaing, dan tentu saja menarik pelanggan dari pandangan
pertama. Ingat dengan kecap? Semua kecap No.1 bukan? Ketika berbelanja, Anda
dengan mudah memilih kecap kesukaan Anda. Mungkin itu bergambar Bangau, atau
mungkin bertulis XYZ? Jelaslah, logo membuat produk dan bisnis menjadi unik.
Logo Dapat Berevolusi
Baru-baru ini Yahoo mengumumkan perubahan logo
setelah 18 tahun menggunakan logo yang lama. Perubahan ini dilakukan setelah
Marissa Mayer, mantan pejabat penting Google yang telah menduduki kursi CEO
tahun lalu. Ia mengatakan bahwa selama 30 hari Yahoo melakukan kampanye terkait
dengan sosialisasi perubahan logo perusahaan. Rencananya, Yahoo secara resmi akan
menggunakan logo barunya pada 4 September mendatang.
Logo adalah bagian penting dari pengakuan merek Anda. Melalui kegiatan pemasaran lainnya untuk memperkuat seperti iklan, konsumen mulai mengasosiasikan logo dengan perusahaan. Pengenalan masyarakat terhadap logo bukanlah pekerjaan mudah, itu sebabnya logo memiliki makna dan karakteristik tersendiri, dan bisa saja mengalami perubahan. Suatu logo bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun agar familiar bagi orang banyak.
Nah, bagi Anda yang baru memulai bisnis dan belum menggunakan logo, bukankah penting bagi Anda untuk memiliki logo sendiri?
Di tulis dari :
Penulis : www.tipsmu-tipsku.com
url : www. tipsmu-tipsku.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar